ProSesama – Program Setahun Selesai Membaca Alkitab

Membaca Alkitab setiap hari membantu terpeliharanya kehidupan Kristen yang bergantung kepada Firman TUHAN. Kebiasaan membaca ALKITAB ini sangat berharga dan sangat bermanfaat bagi kehidupan kita sehari-hari jika kita mau disiplin melakukannya setiap hari.

Dengan meluangkan waktu hanya 15-20 menit setiap hari selama 365 hari kita dapat untuk membaca seluruh Alkitab dalam setahun. Kita gunakan istilah ProSesama – Program Setahun Selesai Membaca Alkitab

Ada beberapa cara membaca Alkitab dalam setahun yang dapat kita peroleh saat ini, antara lain mengikuti rencana pembacaan setahun oleh PPA (Persekutuan Pembaca Alkitab), Our Daily Bread atau Santapan Harian, dan yang lainnya. Namun saya cenderung memilih Jurnal Bacaan Alkitab Setahun yang disusun oleh badan pelayanan The Navigator, yang juga dianjurkan oleh Rev John Piper dalam situs Desiring God-nya. Versi Inggrisnya dapat di-download melalui link ini, https://goo.gl/D6ma7N.

Pendekatan JBAS ini membaca empat tempat terpisah dalam Kitab Suci setiap hari. Dengan cara ini kita bisa menangkap lebih baik kesatuan Alkitab, serta menikmati empat sudut pandang yang berbeda setiap harinya. Kita dapat mulai dari titik hari dan bulan mana pun dalam setahun.

Juga untuk mencegah rasa frustrasi karena tertinggal (salah satu sebab mengapa orang gagal dalam ProSesama-Nya), kita hanya ada 25 hari bacaan. Tanggal 26 sampai akhir bulan adalah hari “kosong”, yang dapat kita pakai untuk mengulangi perikop yang tertinggal, atau mengadakan pendalaman ayat atau perikop yang sebelumnya kita rasakan “berbicara” kepada kita.

Dalam laman berikut ini dapat dilihat bacaan Alkitab setiap harinya setiap bulannya. Seperti dikatakan diatas, kita dapat mulai dari titik hari dan bulan manapun – sampai nantinya akan dimulai kembali pada tahun saat yang sama tahun berikutnya.

Sebagai gambaran umum dibawah ini daftar bacaan selama setahun dalam daftar Januari s.d Juni dan Juli s.d Desember.

JADWAL BACA ALKITAB SETAHUN JAN_JUN

Pilih/klik Bulan Bacaan Alkitab Yang Dipilih

(dapat dimulai kapan saja setiap tahunnya)

Januari >>

Juli >>

Februari >>

Agustus >>

Maret >>

September >>

April >>

Oktober >>

Mei >>

November >>

Juni >>

Desember >>